CONTOH LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI

Posted: September 27, 2010 in Kuliah
Tag:

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga penyusunan Laporan Kunjungan Industri di PT PLN (Persero) Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan Jakarta , ini dapat terselesaikan dengan baik tanpa kendala. Maksud dan tujuan penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini adalah untuk melengkapi persyaratan mendapatkan nilai Mata Kuliah BBL dari Jurusan. Adapun penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini berdasarkan data-data yang diperoleh selama melakukan Kunjungan Industri, buku – buku pedoman, serta data-data dan keterangan dari pembimbing. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada: 1. , selaku Kepala Subbag Perawatan PT PLN (Persero) Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan Jakarta yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakan Kunjungan Industri . 2. Bapak , selaku pembimbing lapangan Kunjungan Industri di PT PLN (Persero) Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan Jakarta yang telah membimbing kami selama berada disana. 3. Bapak Bambang selaku pembimbing dari universitas , yang telah memonitor kami dari jauh dan memberi dukungan – dukungan moral. 4. Kedua orang tua dan saudara kami yang telah mendukung dan memberikan doa restu. 5. Pihak-pihak yang tidak dapat kami sebutkan , atas bantuan doa restu yang berhubungan dengan kegiatan Kunjungan Industri. Praktikan menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan, karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan Laporan Praktik Industri ini. Demikian kata pengantar ini kami buat, semoga dapat bermanfaat, khususnya bagi diri pribadi kami sendiri dan pembaca pada umumnya.

Jakarta, 22 Juni 2010

TEGUH PURNOMO

PENDAHULUAN

I . Latar belakang Dalam kehidupan ini listrik menjadi kebutuhan yang vital bagi setiap manusia , apalagi dimasa mendatang. Masalah listrik sudah menjadi komoditi di negeri ini bahkan sekarang kembali memanas dikarenakan pemadaman listrik secara bergilir. Negara dan PLN yang mencanangkan “listrik untuk kehidupan yang lebih baik” tampaknya hanya sekadar motto karena realisasinya masih jauh dari kenyataan. Tidak hanya itu masyarakat pun mengeluhkan rencana PLN yang ingin menaikan Tarif Dasar Listrik Pada bulan Juli mendatang dengan adanya rencana seperti ini tampaknya masyarakat semakin sulit. Seperti halnya pada saat sekarang ini hampir di seluruh wilayah indonesia mengalami krisis listrik. Setiap harinya ada daerah-daerah yang harus menerima kenyataan mengalami pemadaman listrik bergilir. Bahkan dalam sehari ada yang mengalami pemadaman listrik sebanyak dua hingga empat kali. Sekarang masalah krisis listrik sudah menjadi wacana yang sangat besar di negeri tercinta kita ini.mudah – mudahan dengan naiknya Tarif Dasar Listrik ini PLN semakin baik pelayanannya dan benar – benar menerapkan motto nya itu.

II. Tujuan

 Untuk mengetahui alat – alat dan cara kerja pada Laboraturium PLN.

 Sebagai tindak lanjut pembelajaran teori yang selama ini kita pelajari di kelas.

 Untuk memenuhi persyaratan Mata Kuliah Bahan – Bahan Listrik.

PEMBAHASAN

A. Sejarah Singkat PT PLN (Persero) Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan merupakan salah satu unit bisnis di lingkungan PT PLN (Persero). Unit ini berdiri pada tahun 1964 dengan nama Lembaga Masalah Ketenagaan (LMK). LMK dibentuk dengan tugas utama di bidang RDE (Research, Development & Engineering Services) sebagai penunjang PLN dalam pencapaian sasaran penyediaan tenaga listrik yang cukup, harga yang layak, handal, dan mutu yang tinggi. Tahun 1983 LMK berubah nama menjadi Pusat Penyelidikan Masalah Kelistrikan (PLN PPMK) dan pada bulan Agustus 1995 menjadi PT PLN (Persero) Jasa Teknik Kelistrikan (PLN JTK). Hingga akhirnya pada bulan Juni 2004, berubah menjadi PT PLN (Persero) Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan (PLN LITBANG).

Visi

Menjadi suatu institusi penelitian dan pengembangan di bidang ketenagalistrikan milik PLN yang terdepan dan terpercaya di Indonesia.

Misi

1. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengembangan di sektor ketenagalistrikan yang melliputi bidang pembangkitan , transmisi & distribusi , serta menyelenggarakan pelayanan manajemen dan teknik secara profesional guna menjamin keberadaan dan pengembangannya.

2. Memenuhi kebutuhan PT PLN ( Persero ) dan perusahaan lain yang bergerak di bidang ketenagalistrikan dalam rangka menjalankan kegiatan usaha ketenagalistrikan.

B. Kegiatan utama PLN LITBANG mempunyai 2 area kegiatan utama sebagai berikut: Penelitian dan Pengembangan

1. Penelitian tingkat korporat : Penelitian sesuai permintaan dari Kantor Pusat dan berdurasi jangka pendek dan menengah

2. Penelitian tingkat unit bisnis : Penelitian sesuai permintaan unit bisnis, berdurasi jangka pendek, dan bersifat konsultasi teknik / investigasi

3. Penelitian terapan : Kegiatan penelitian dan pengembangan yang dijalankan oleh PLN LITBANG dan berdurasi jangka pendek dan menengah

4. Pengujian dan pengembangan teknikal : Pengujian akan teknologi / sistem / metode sebelum diterapkan di PLN

5. Pengembangan Produk dan Inovasi

Jasa Teknik dan Manajemen Mutu

1. Lab. Pengujian : Bertindak sebagai laboratorium akreditasi yang independen

2. Kalibrasi : Peralatan listrik dan non listrik

3. Manajemen Mutu : ISO 9000, ISO 14000, Malcom Balridge

C. Fasilitas Laboratorium PLN LITBANG didukung oleh 10 fasilitas laboratoriumnya yang masih berfungsi penuh, dan sebagian besar telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN-BSN). 10 Laboratorium tersebut adalah :

1. Lab. Tegangan Rendah

2. Lab. Tegangan Tinggi

3. Lab. Hubungan Singkat

4. Lab. Kalibrasi

5. Lab. Power System, Telekomunikasi dan Proteksi

6. Lab. Instrumen/Kontrol

7. Lab. Material

8. Lab. Kimia dan Lingkungan

9. Lab. Hidrolik

10. Lab. Struktur Sipil dan Mekanika Tanah

STANDAR ( SPLN )

SPLN adalah standar perusahaan PT PLN ( Persero ) yang ditetapkan Direksi bersifat wajib. Dapat berupa peraturan , pedoman , instruksi , cara pengujian dan spesifikasi teknik. Sejak tahun 1976 sudah lebih dari 264 buah standar berhasil dirampungkan . 61 standar bidang pembangkitan , 71 standar bidang transmisi , 99 standar bidang distribusi dan 33 standar bidang umum.

KEGIATAN INOVASI PLN

telah terkumpul sekitar 1323 karya inovasi sejak tahun 1999. Dan satu karya inovasi yang berjudul ROBOLAY telah mendapat sertifikat hak paten. Ada lima karya inovasi yang telah didaftarkan untuk mendapat hak paten yaitu : Robot CJDW ( 2 paten ) ; Pole mounted circuit breaker ; paket siaga dan CSI. PERPUSTAKAAN Berdiri sejak 1970 menyediakan jasa literatur illmiah guna memperoleh informasi literatur yang diperlukan untuk menunjang pelaksanaan tugas di PLN dan pengembangan keahlian sesuai dengan profesinya. Sampai Desember 2008 , koleksi yang dimiliki terdiri dari : Buku dan laporan = 30.477 judul Standar = 26.147 judul Majalah = 89 judul Mikrofis = 29.347 judul

KESIMPULAN

PT PLN (Persero) Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan merupakan salah satu unit bisnis di lingkungan PT PLN (Persero). PLN LITBANG didukung oleh 10 fasilitas laboratoriumnya yang masih berfungsi penuh, dan sebagian besar telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN-BSN). PLN LITBANG mempunyai 2 area kegiatan utama yaitu penelitian dan pengembangan. Sejak tahun 1976 sudah lebih dari 264 buah standar berhasil dirampungkan . 61 standar bidang pembangkitan , 71 standar bidang transmisi , 99 standar bidang distribusi dan 33 standar bidang umum. Dan satu karya inovasi yang berjudul ROBOLAY telah mendapat sertifikat hak paten. Ada lima karya inovasi yang telah didaftarkan untuk mendapat hak paten yaitu : Robot CJDW ( 2 paten ) ; Pole mounted circuit breaker ; paket siaga dan CSI.

About these ads
Komentar
  1. asrori mengatakan:

    thanks you

  2. seli mengatakan:

    sangat membantu.. ^^

  3. maryantoazkob94 mengatakan:

    trimz… Sangat bermanfaat bgi yg membutuhkan. . . .

  4. fitri mengatakan:

    wah…pngen nyontoh laporanya q jd bngung nie pak……
    bagus juga laporanya,q lbih puwas buat sndri j lh.wlau amburadul

  5. ham hadiey mengatakan:

    ngebantu banget nih buat contoh laporan

  6. ezquel abdee mengatakan:

    ok ok ..

  7. andi khundd mengatakan:

    tenkyu gan…..membantu sekali tulisan ente… :D
    jadi makin di sayank pacar ane nih gan bantuin bikin tugas skulnya.hehehe
    nice tread gan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s